Welcome to penulisindienesia

Selamat datang di penulisindienesia. blognya penulis Indie dan Self Publisher Indonesia:)

Selasa, 20 Desember 2011

Hafal Al-Qur'an dalam 4 Tahun

Semalam sebelum tidur saya secara tidak sengaja melamunkan resolusi untuk tahun 2012. Salah satunya adalah keinginan saya untuk bisa hafal Al-Qur’an mulai tahun depan. Keinginan untuk menjadi seorang hafizh Al-Qur’an (penghafal Al-Qur’an) tidak muncul begitu saja, tapi sudah sekitar 6 tahun belakangan ini muncul. Namun sejak 6 tahun yang lalu sampai detik ini, saya hanya bisa menghafal 1 juz saja.

Berangkat dari itu semua, saya dulu berpikir saya pasti bisa menghafal Al-Qur’an dalam kurun waktu 10 tahun. Misalkan dengan hafalan minimal 1 ayat dalam 1 hari. Namun siapa yang tahu akan umur? Belum tentu saya akan hidup sampai 10 tahun lagi. Hanya Allah yang tahu akan umur manusia itu. Dikarenakan saya tidak tahu kapan saya akan meninggal, dan saya khawatir saya mati dalam waktu dekat ini. Maka secara tidak sengaja, semalam saya menemukan metode hafalan Al-Qur’an yang memakan waktu lumayan cepat (buat saya pribadi cepat) yaitu sekitar 4-5 tahun.

Metode tersebut saya dapatkan dari jumlah waktu shalat dalam 1 hari yang dikalikan dengan jumlah keseluruhan ayat dalam Al-Qur’an. Jadi gini, biar tidak bingung akan saya urutkan dengan tahapan berikut:
1. Jumlah hari dalam 1 tahun ada sekitar 365/366 hari (kita ambil yang 365 hari).
2. Jumlah ayat Al-Qur’an ada 6666 ayat.
3. Jumlah waktu shalat wajib yang harus kita tunaikan dalam 1 hari adalah 5x (Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, Isya).
Nah kita telah ketemu jumlahnya kan, sekarang kita urutkan jumlah waktu shalat dalam 1 hari dengan jumlah ayat (beserta artinya) yang bisa kita hafal dalam 1 hari, sebagai berikut:
SUBUH kita hafalkan minimal 1 AYAT + ARTINYA
DZUHUR kita hafalkan minimal 1 AYAT + ARTINYA
ASHAR kita hafalkan minimal 1 AYAT + ARTINYA
MAGHRIB kita hafalkan minimal 1 AYAT + ARTINYA
ISYA kita hafalkan minimal 1 AYAT + ARTINYA

Dari total shalat 5 waktu yang kita jalankan tersebut, jika sehabis shalat kita Istiqamah menghafal 1 ayat setelah shalat, berarti kita telah menghafal 5 ayat dalam 1 hari. Jika kita kalikan 5 x 365 = 1825. Jadi dalam 1 tahun ada 1825 AYAT + ARTINYA yang bisa kita hafal! Subhanallah!

Sekarang kalau kita kalikan 1825 x 4 = 7300. Kita kurangi 6666, 7300 – 6666 = 634. Allahuakbar! Berarti kurang dari 4 tahun ( kurang lebih 3,5 tahun) kita bisa menghafal Al-Qur’an dan artinya (lebih cepat dari yang saya duga)!

Subhanallah, Alhamdulillah, Laa ilaahaillalah, Allahuakbar! Memang benar, Man Jadda wa jada, siapa yang bersungguh-sungguh pasti ada jalan! Apa yang saya sampaikan diatas hanyalah sebagian kecil karunia dari Allah yang diberikan kepada kita agar kita bisa dengan cepat menghafal Al-Qur’an. Tentunya masih sangat banyak sekali metode menghafal Al-Qur’an lainnya yang lebih cepat dari metode yang saya terapkan ini. Namun secepat apapun metodenya, tidak akan berguna bagi diri kita sendiri jika kita tidak mau memPRAKTIKannya dan juga yang paling penting adalah tetap ISTIQAMAH. Karena Allah lebih mencintai amal perbuatan yang sedikit, namun Istiqamah! Semoga Allah memilih kita untuk menjadi hamba-hambaNya yang bisa menghafal Al-Qur’an dan mengajarkannya. Dan juga memudahkan langkah-langkah kita untuk hidup dan berjuang di jalan-Nya. Aamiin Ya Allah ^_^

KEGAGALAN & KESUKSESAN itu bukan masalah TAKDIR. Tapi masalah PILIHAN! Karena ALLAH selaras dengan prasangka hamba-Nya. Ketika kita memilih KESUKSESAN, maka ALLAH akan MEMBUKAKAN dan MEMUDAHKAN jalan menuju KESUKSESAN tersebut. Melalui HATI, PIKIRAN, dan TINDAKAN kita. Subhanallah ^_^ (Nur Hidayat Saleh)

Matraman, 21 Desember 2011
Nur Hidayat Saleh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar