Welcome to penulisindienesia

Selamat datang di penulisindienesia. blognya penulis Indie dan Self Publisher Indonesia:)

Senin, 19 Desember 2011

Takdir VS Pilihan

Takdir VS Pilihan

Setiap hari ada aja orang yang nyalahin Allah atas apa yang terjadi dalam hidupnya. Mereka semua nyerah sama keadaan, apalagi ketika mereka bilang kalo mereka udah berusaha semaksimal mungkin dan semampunya. Namun ketika semuanya gak terwujud mereka ngeluh dan bilang ini semua karena takdir Allah. Tapi lets see, ini semua bukan masalah takdir, tapi masalah pilihan.

Orang-orang yang sinis sama yang namanya kuliah bilang, “percuma kuliah, tetep aja tuh ada orang-orang yang GAGAL!”. Sekarang gini yah, bukan masalah kuliahnya yang bikin gagal. Tapi yang bikin gagal adalah apa yang udah jadi PILIHAN tuh orang.
SIKAP tuh orang yang nentuin dia GAGAL atau malah bisa SUKSES dalam kuliah dan kehidupannya setelah kuliah. Kalo tuh orang milih KESUKSESAN dan dia YAKIN sama PILHANNYA itu, yaudah yang terjadi adalah tuh orang pasti bakalan milih JALAN HIDUP KESUKSESAN. Misalkan dia jadi rajin belajar, organisasi, beriman&bertaqwa, gak bakalan males2an & buang2 waktu deh pokoknya. Dia gunain semua waktunya buat hal-hal yang positif buat kehidupannya. Coz yang dia yakini adalah kalo dia MALES yah dia GAGAL!

Hal ini gak cuman terjadi dalam dunia kuliah/sekolah (pendidikan maksudnya) aja, tapi dalam dunia lain (maksudnya bukan dunia gaib) dalam dunia kerja, persahabatan, keluarga, cinta, dan dunia yang lainnya juga deh pokoknya. Semua juga terjadi, inget ketika kita MILIH yang namanya KESUKSESAN, dan kita YAKIN banget kalo kita bakalan SUKSES (baik di dunia & akhirat, aamiin) otomastis ATTITUDE/SIKAP kita juga PASTI bakalan ngarah ke arah KESUKSESAN itu deh. Terus gimana kalo kita PILIH yang namanya KEGAGALAN? Yaudah gak usah ditanya lagi, so pasti yang terjadi adalah kita PASTI BAKALAN GAGAL! Naudzubillahimindzalik.
Terus gimana dong kalo sekarang kita udah ngerasa GAGAL dalam kehidupan kita? Yah mau gimana lagi, itu cuman perasaan. Tapi kalopun emang nyatanya gagal, ya lakuin aja hal2 ini:
1. TERIMA AJA! Ikhlasin aja, lw gak sendirian koq. Semua orang juga pernah ngerasain gagal. Daripada lw ngotot dan tetap membela diri dan nyalahin orang lain. Percuma cuman bikin capek hati aja dan lw malah makin sedih. Ikhlas nerima kegagalan malah bikin kita ngerasa ni hati LAAPAAANG BAANGEET. Serius sumpah gw gak bohong, coz gw juga pernah ngalemin hal kayak gitu. Dengan ikhlas, kita jadi bisa nerima hikmah dan pelajaran yang terdapat dalam kegagalan kita itu, dan malah memotivasi diri kita buat bangkit lagi dan memperbaiki kesalahan2 kita, serta menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

2. SELALU ADA HIKMAH DI BALIK SETIAP KEJADIAN! Bohong banget dan bodoh banget kalo ada orang yang tetap ngotot bilang, semua yang udah terjadi dalam hidup gw gak ada artinya. Hah pribadi yang dodol. Dah jelas Allah ngasih kita sesuatu hal dalam hidup ini pasti ada maksud dan sebabnya, gak mungkin nggak. Cuman yah dasar yang namanya manusia aja, kadang suka tengil dan shelon (maaf kalo salah ngetik, bukan anak gaoel) ngerasa dirinya selalu bener, dan gak mau disalahin (meskipun gak semua sih).

3. JANGAN NYALAHIN ALLAH! Nah ini nih yang penting, tapi terkadang kita sebagai manusia khilaf juga sih, kadang kita sering nyalahin Allah ketika apa yag kita inginkan gak terwujud, doa kita gak terkabul. Padahal Allah lebih tahu apa yang kita butuhkan & inginkan. Boleh jadi apa yang menurut kita baik, belum tentu baik menurut Allah (bahkan bisa aja membahayakan dan menyengsarakan kita). Dan boleh jadi apa yang kita benci / menurut kita buruk, bisa aja menurut Allah malah baik buat kita. Sekali lagi, Allah itu MAHA MENGETAHUI & MAHA BAIK! Dan Allah bergantung prasangka kita, ketika kita berhusnudzhon kepada Allah, maka kebaikan pun akan selaras dengan pikiran dan tindakan kita, begitu juga ketika kita bersuudzhon kepada Allah semuanya akan selaras terjadi pada kita.

4. JANGAN MENYERAH! BANGKIT LAGI! Ini ni yang penting juga, kalo jatuh yah bangun lagi, kalo gagal yah bangkit lagi. Jangan nyerah! Nyerah cuman buat pecundang yang siap mati tanpa bisa berbuat apa-apa! Kalo kita emang pengen sukses & jadi pemenang dunia akhirat, ya kita jangan pernah nyerah sedikitpun untuk wujudin itu semua, kalopun gagal yah bangkit lagi. Neil Amstrong aja bisa nginjakin kakinya di bulan, masa kita buat sukses aja gak bisa sih? Intinya selama masih bisa nafas dan jantung berdetak, KITA PASTI BISA! SO, NEVER GIVE UP FRIEND ^_^

Matraman, 20 Desember 2011
Nur Hidayat Saleh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar