Welcome to penulisindienesia

Selamat datang di penulisindienesia. blognya penulis Indie dan Self Publisher Indonesia:)

Selasa, 20 Desember 2011

Belajar Bijak dari Busway



Hikmah bisa datang kapan saja, dan dimana saja, bahkan dari siapa saja. Setidaknya itulah yang terjadi beberapa hari ini. Dan lucunya saya gak mendapatkan hikmah tersebut dari seseorang yang bijak, namun dari sebuah kendaraan umum yang hampir setiap hari saya gunakan.

Seperti biasa saya berangkat ke kampus menggunakan transportasi umum, yaitu salah satunya Transjakarta, yang sering disebut orang dengan busway. Namun ada yang menarik beberapa hari ini. Busway yang dulunya menjadi kendaraan eksekutif (karena kesannya transportasi umum yang wah), kini menjadi kendaraan “kelas ekonomi” karena selayaknya KRL ekonomi. Kenapa? Coz sekarang datengnnya lama banget, dan didalamnya jadi padat banget. Kendaraan yang dulunya nyaman dan aman itu dalam waktu singkat sekarang malah jadi kendaraan yang gak nyaman dan aman lagi (karena sering terjadi kasus pelecehan seksual & pencopetan). Sehingga seringkali kita berdempet-dempetan dan terkadang ACnya juga gak kerasa.

Namun bukan itu yang pengen saya bahas. Pagi itu saya ada jadwal kuliah jam 7.30, otomatis saya berangkat dari rumah jam 05.00 pagi. Karena jarak dari rumah saya di daerah Matraman menuju kampus saya yang berada di Ciputat cukup jauh jadi harus berangkat pagi-pagi sekali. Karena kalo saya berangkatnya jam 6an bisa telat.
Seperti biasa saya nunggu busway arah kp.melayu dari halte Slamet Riyadi. Lama banget saya nungguin gak dateng-dateng buswaynya, ada kali hampir 40 menitan. Niat hati berangkat pagi-paggi biar gak telat, akhirnya jadi kesel dan bermetamorfosis jadi pasrah ketika ngeliat jam menunjukan jam 5.47 (et dah lama banget nungguin busway ampe setengah jam lebih). Pas saya udah pasrah kayak gitu, eh akhirnya buswanya muncul juga. Tapi sesuai dugaan padet gila di dalamnya.

Terus setelah dengan bersusah payah berdempet-dempetan, akhirnya sampai juga di terminal Kp.Melayu. dan udah tuh pas nyampe otomatis karena takut telat akhirnya saya dan penumpang busway yg ada dibus itu berjamaah pada lari ngejar bus yg mau ke Kp.Rambutan. udah capek-capek lari buat ngejar bus yang ada didepan mata, eh tuh bus jalan. Wah udah tuh kesel banget, apalagi pas ngeliat jam udah jam 6.03. Yang ada dipikiran dan hati saat itu cuman kesel dan menggerutu sama pelayanan bus transjakarta yang ngeselin (semoga kedepannya lebih baik lagi).

Jam menunjukan 6.11, beneran sumpah udah pasrah banget. Dan saya sebagai orang yang idealis kalo naik busway (pokoknya gw harus dapet duduk kalo berangkat pagi-pagi ke kampus), saat itu tetep dengan idealismenya pengen naik busway yang bisa dapet duduk. Dan eng ing eng, akhirnya datang juga tuh busway (2 bus sekaligus). Cuman yg jadi masalah saya kejebak antrian di halte itu, dan saya udah yakin gak dapet duduk (tetep idealis saat itu). Cuman karena saya ngeliat ada 2 busway, saya akhirnya mutusin buat naik busway yg dibelakangnya aja, tapi manusia boleh berencana, namun Allah yang menentukan. Saya kedorong masuk ke bus yang pertama yg sumpah lebih padet banget. Mau keluar udah gak bisa coz padet banget. Dan akhirnya tuh busway pintunya nutup dan jalan, dah gitu pas ngeliat jam udah 6.17.

Aaaarrrrggghhh...!!! saat itu saya kesel banget, udah gak dapet duduk, busnya padet, baru dapet busway jam segitu, pasti telat deh (gumam saya dalam hati). Namun memang Allah lebih mengetahui apa yg kita butuhkan, saya memang pengen naik busway yg dibelakangnya dan juga pengen banget dapet duduk. Tapi ternyata maleh dapet busway yg gak benget ini (pada awalnya mikir gitu), dan ternyata Allah nunjukin kuasa & pertolongan-Nya. Petugas buswaynya bilang, “Bus ini langsung tol Taman Mini, langsung ke terminal Kp.Rambutan, gak lewat Cawang UKI, BKN, PGC, Kramat Jati, Pasar Induk, Harapan Bunda, Pasar Rebo.” Beuh mantep gumam saya dalam hati, karena meskipun gak dapet duduk dan mesti dempet2an kayak gini, busnya lewat tol (sekedar info, busway koridor 7 emang terkadang lewat tol, untuk ngehiindarin macet parah di kramat jati).

Singkat cerita, akhirnya saya bisa sampai di kampus dan gak telat. Terus apa hikmahnya? Hikmahnya emang bener2 samar banget, cuman salah satu hikmah yang bisa saya petik adalah, “BUKAN TEMPAT DUDUK YG NGANTERIN KITA PADA TUJUAN, TAPI KENDARAANNYA.” Dan, “ALLAH BENAR2 TAHU APA YG KITA BUTUHKAN!”

Matraman, 20 Desember 2011
Nur Hidayat Saleh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar